Selalu Kangen dengan Jogja

  Rabu, 10 Juli 2024

Siapa yang nggak kenal mochi? Kue khas Jepang ini menjadi kudapan yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kue yang teksturnya sangat lembut ini menjadi camilan di kala santai. Rasanya yang manis membuat mochi selalu bikin ketagihan untuk dicamil bahkan cocok dijadikan oleh-oleh kekinian. Tapi apa kamu sudah tahu bagaimana sejarah dan fakta mochi sampai jadi camilan kekinian yang dinikmati banyak orang? Kali ini bakal kita bahas sejarah dan faktanya lho! Jadi lanjut baca artikelnya, ya!

1.Sering dijadikan suguhan perayaan penting di Jepang

Di Jepang berabad-abad lalu hingga di zaman modern seperti saat ini, mochi sering dijadikan sebagai makanan untuk perayaan khusus, seperti peringatan tahun baru, pernikahan, kelahiran anak, hingga suguhan untuk orang yang dihormati. Tak hanya itu, proses pembuatan mochi di Jepang juga termasuk hal yang sakral lho. Prosesnya disebut dengan mochitsuki. Biasanya mochitsuki dilaksanakan di kuil-kuil, tempat suci, pedesaan, dan di acara tahun baru itu sendiri.

2.Terbuat dari beras khas Jepang

Di Jepang, mochi dibuat menggunakan beras yang disebut mochigome. Beras ini merupakan jenis bulir pendek dan memiliki kandungan gluten yang tinggi serta mirip ketan setelah ditanak. Kandungan glutennya membuat tekstur mochi jadi bisa sekenyal dan selembut itu. Sedangkan di negara-negara Asia lain, mochi biasanya dibuat menggunakan beras ketan putih. Di Jepang selain dijadikan camilan dengan rasa manis, biasanya mochi disantap juga dengan cara dipanggang atau dimasukkan ke dalam sup lho.

3.Sering dijadikan bekal petani dan tentara di Jepang

Karena bentuknya yang kecil, rasanya yang manis dan mengenyangkan, mochi di Jepang pada zaman dulu sering dijadikan bekal oleh tentara Jepang saat pergi berperang lho. Karena mudah dibawa dan dikonsumsi. Begitu juga dengan para petani. Mereka membawa bekal mochi saat bertani, terutama saat musim dingin karena memberikan energi bagi mereka..

4.Tersebar di berbagai negara

Meski terkenal di Jepang, ternyata masih banyak perdebatan tentang asal-usul mochi. Sebagian ada yang berkata bahwa mochi berasal dari Tiongkok, sebagian lagi mengatakan bahwa mochi merupakan makanan yang umum dibuat di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Karena ada makanan-makanan serupa yang bentuk dan bahannya mirip dengan mochi. Saking populernya, bahkan setiap tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Mochi Nasional lho. Wah, benar-benar camilan viral, ya!

5.Tekstur dan rasa mochi punya filosofi sendiri

Manis dan kenyalnya mochi ternyata nggak kebetulan belaka lho. Mochi dibuat dengan tekstur dan rasa seperti ini karena memiliki filosofi khusus. Tekstur kenyal dan lengketnya itu memiliki arti agar bisa menyatukan orang-orang, apalagi ketika disuguhkan saat perayaan tertentu. Rasa manisnya juga sebagai tanda untuk semakin memeriahkan perayaan. 

5.Kini mochi berkembang dengan berbagai varian rasa

Secara tradisional mochi memiliki isian yakni kacang merah yang manis. Namun seiring semakin populernya mochi, sekarang makanan ini menjelma dengan berbagai isian yang lebih kekinian. Gak perlu jauh-jauh ke Jepang buat nikmati mochi dengan berbagai varian isi. Sakura Mochi memiliki beragam varian mochi dengan berbagai isian rasa kekinian yang nikmat untuk dicobain lho. Mulai dari red velvet, matcha, cokelat, kacang hijau, keju, taro, kacang tanah, wijen, tiramisu, blueberry, cappuccino, nanas, choco crunch, strawberry, hingga kacang merah yang tradisional. 


Kepengin nyobain banyak rasanya sekaligus? Sakura Mochi punya berbagai paket yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja lho. Ada paket Mochi Premium Small berisi 6 pcs dengan harga Rp24.000, paket Mochi Premium Medium berisi 12 pcs dengan harga Rp42.000, dan paket Mochi Premium Big Box berisi 18 pcs dengan harga Rp60.000. Pengin yang lebih hemat tapi dapat banyak jumlah mochinya? Sakura Mochi juga ada paket hemat seharga Rp25.000 isi 15 pcs dengan empat varian berukuran sedikit lebih kecil dibanding mochi premium, tapi rasanya sama enaknya dengan paket premium kok! Dijamin puas banget deh makan camilan kekinian dari Sakura Mochi!

Join us on instagram: @mochi_sakurajogja